Ditulis pada tanggal 4 November 2014, oleh admin, pada kategori Berita, Pengumuman
Pembukaan pelatihan sistem informasi administrasi akademik oleh Kepala Unit TIK
Pembukaan pelatihan sistem informasi administrasi akademik oleh Kepala Unit TIK

Untuk memperbaiki keabsahan data akademik dan meningkatkan efisiensi proses akademik melalui sistem informasi, Unit TIK UB mengadakan pelatihan Sistem Informasi Administrasi Akademik pada 1 November 2014. Pelatihan yang ditujukan untuk KTU dan Kasubbag Akademik dari seluruh fakultas di selenggarakan di Ruang Komputer, Sub Unit PTIK (Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi), Gedung Rectorat Lantai 2, Universitas Brawijaya. Acara tersebut dibuka oleh Achmad Basuki, S.T., MMG., Ph.D., selaku Kepala Unit TIK UB.

Sebagai Kepala Sub Unit PPTI, R. Arief Setyawan, S.T., M.T., menyatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk melakukan verifikasi akun hak akses sistem informasi akademik dan sistem pendukungnya. Tujuan dari verifikasi akun ini untuk mendata akun KTU dan Kasubbag Akademik. Selain itu KTU dan Kasubbag Akademik diharapkan selalu menyampaikan informasi ke Unit TIK UB apabila ada perubahan posisi pejabat dengan demikian hak akses tersebut bisa dialihkan ke pejabat yang baru, dan untuk pejabat yang lama bisa dinonaktifkan.

Kepala Sub Unit PPTI menjelaskan tentang alur sistem informasi mahasiswa online
Kepala Sub Unit PPTI menjelaskan tentang alur sistem informasi mahasiswa online

Dalam pelatihan ini dijelaskan tentang aplikasi seputar akademik yaitu SIAKAD Desktop, SELMA (pendaftaran mahasiswa baru), SIREGI (untuk registrasi/daftar ulang mahasiswa), SIAM (sistem informasi akademik mahasiswa), dan SIUDA (sistem informasi wisuda). Sedangkan sistem informasi penunjang akademik adalah SIMPEL, SIADO (sistem informasi dosen), SIMPEG (sistem informasi kepegawaian), dst.

SIMPEL (Sistem Informasi Pelaporan) merupakan layanan pelaporan informasi keuangan dan akademik yang berhubungan dengan mahasiswa. Melalui informasi akademik yang tersedia dalam SIMPEL, pengguna bisa melihat data akademik mahasiswa berupa: status akademik, hasil studi, wisuda, dan sebagainya. Sedangkan SIAKAD Desktop merupakan aplikasi untuk mengelola data akademik seperti biodata mahasiswa, status akademik, perkuliahan, dst.

Selain tentang pengenalan sistem informasi akademik dan sistem pendukungnya. Pelatihan ini menjelaskan tentang bisnis proses administrasi akademik dan verifikasi data akademik pada sistem. [agung]