Ditulis pada tanggal 17 November 2009, oleh admin, pada kategori Berita

Ketua Unit TIK UB, Dr.Ir.Harry Soekotjo Dachlan, MSc. telah mendapat undangan dari Keio University Jepang untuk mengikuti SOI ASIA Workshop On Technology Entrepreneurship Initiatives, 6 Nopember 2006 di Mita Campus, Tokyo. Ia hadir bersama dengan Kepala Sub-Unit Pengkajian dan Pengembangan TIK, R. Arief Setyawan, ST., MT.
Dalam acara tersebut telah hadir wakil-wakil dari 14 universitas di Asia, yakni dari Philipina 3 institusi, Malaysia 1, Myanmar 1, Laos 1, Cambodia 2,, Bangladesh 1, Indonesia 4 (Unsrat, Unsyiah, ITB dan UB), serta tuan rumah Jepang 1 institusi yakni Keio University. Dalam forum tersebut, dibahas tentang pengembangan kewirausahaan teknologi di perguruan tinggi yang meliputi hak atas kekayaan intelektual (Intelectual Property), integrasi PT dan industri dan Pendidikan Kewirausahaan. Dalam kesempatan itu Ketua Unit TIK UB menyampaikan materi dengan judul Entrepreneurship Education In Engineering Faculty of Brawijaya University, dengan mengetengahkan isue tentang masalah perubahan mindset mahasiswa dari “pencari kerja” menjadi “pencipta lapangan kerja”, yang menjadi bahan diskusi cukup menarik. Diskusi lain yang menarik adalah bagaimana mengukur keberhasilan program kewirausahaan di suatu universitas.
Pada tanggal 9 Nopember 2009 tim TIK UB mengunjungi Keio University Shonan Fujisawa Campus untuk melakukan bechmarking dan diskusi dengan pengelola TIK di kampus tersebut khususnya mengenai pengelolaan TIK secara profesional dan pengembangan infrastruktur dengan standar internasional di mana Unit TIK UB akan segera menerapkannya yang kini sudah memasuki tahap perancangan rinci (detailed design) dan penyusunan prosedur pengoperasian baku (Standard Operation Procedure). (hsd/fjr)